Selasa, 27 Oktober 2015

materi matakuliah menulis faktual



1    1. Pengertian penulis
Sebelum mendefinisikan pengertian menulis kita harus mengetahui apa itu karangan? karangan adalah ungkapan buah pikiran, ide, pendapat,  keinginan sikap  dalam bentuk tulisan dengan menggunakan pola-pola dan struktur  bahasa yang didapat dengan jalan latihan.
Lantas apa itu menulis? Menulis adalah kemampuan  mengekspresikan  berbagai pikiran,  gagasan, pendapat, dan perasaan  dalam berbagai ragam  tulisan. Baik tulisan non sastra ataupun sastra . kemampuan mengekspresikan tersebut tidak lahir dengan sendirinya, tetapi pupuk terus menerus.
Sedangkan pengertian menulis faktual adalah  sebuah prooses komunikasi atau pemberian ide, gagasan dan pikiran dengan bahasa yang dapat dipahami  oleh orang lain dalam  bentuk atau wujud bahasa tulis berdasarkan fakta- fakta. Hakikatnya menulis faktual berbasis pendekatan proses dan berbasis pendekata genre.
22.    Bekal menulis
Menulis adalah kegiatan yang melibatkan cara berpikir yang teratur serta kemampuan mengungkapkannya dalam bahasa tulis dengan memperhatikan beberapa persyaratan, yaitu:
·         Memiliki kesatuan gagasan
·         Memiliki  kemampuan menyusun kalimat dengan jelas dan efektif
·         Menguasai teknik penulisan
·         Memiliki sejumlah kata yang diperlukan


33.  Genre menulis
·         Deskripsi
·         Narasi
·         Recaunt
·         Eksposisi
·         Eksplanasi
·         Berita
·         Prosedur


44.    Proses menulis
a.       Tahapan pra penulisan
b.      Tahap penulis berbagai bentuk faktual
c.       Tahap revisi
55.    Tahap pra penulisan
Melakukan pembatasan terhadap topik
a.       Praktikkan dengan membuat diagram jam atau diagram pohon
b.      Topik diletakkan ditengah- tengah  sebuah lingkaran
c.       Dari topik terssbut, turunkan topik-topik yang lebih sempit
d.      Kemukakan pertanyaan- pertanyaaan  yanga kan mempersempit bahasan
e.       Barulah kita dapat tentukan batasan topiknya
66. Penentuan tujuan
a.       Dinyatakan dengan tesis atau pernyataan maksud
b.      Berguna sebagai pengendali tulisan
§  Apa yang akan dilakukan
§  Apa yang akan diperlakukan
§  Bagaimana ruang lingkupnya
§  Bagaimana organisasi bahannya
§  Bagaimana sudut pandang yang akan digunakan

DAFTAR  PUSTAKA 
Akhadiyah, sabari dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indnesia.              Jakarta: Erlangga, 2003.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar